Gurita Jalan ke Merapi

           Hay cawan (Canda Kawan), aku manggil kalian cawan biar beda aja. Oh ya wan, malam ini aku mau cerita pengalaman ku saat pertama kali naik gunung. Tenang aja wan, aku cerita ga memberatkan pikiran cawan ko. Gini nih awal ceritanya wan, aku naik gunung bukan karena ikut-ikut'an trend sekarang lho wan. Sebenarnya di tempat asal ku naik gunung nggak seheboh di pulau jawa wan, tapi semenjak aku merantau ke pulau jawa untuk kuliah di tahun 2013 banyak banget yang berlomba-lomba naik gunung wan. Oh ya wan, aku asalnya dari Kota Banjarbaru (KAL-SEL), sekarang lagi menempuh pendidikan kuliah di kota semarang, sudah lah gak usah pada kepo aku kuliah dimana dan jurusan apa wan, doain aja semoga aku lulus dengan gelar S.Hum amiinnn. lanjut lagi nih, kebetulan juga aku punya kaka prempuan yang pernah naik gunung. Gunung pertama yang pernah dia naikin itu sindoro, yang kedua merbabu, yang ke tiga merapi wan. busset dah, dari yang tinggi ke yang rendah dia naiknya wan. tapi jujur aku naik gunung bukan karena iri sama dia, sebenarnya alasan aku tertarik untuk naik gunung itu karena penasaran aja wan. Gara-gara fenomena kesombongan manusia yang bisa melihat keindahan ciptaan Tuhan dari puncak gunung tersebut banyak yang pamer foto buat gaya-gaya'an wan. Tapi ga semuanya juga yang sombong :D hehehe.


  • PUNCAK MERAPI 2.968 mdpl


            Gunung Merapi adalah gunung pertama yang aku daki wan. bukannya sok kuat, bukannya sok gengsi, dan bukannya mau merasa hebat wan, tapi memang kebetulan aja naik tuh gunung adalah ajakan teman yang pertama kali ditawarkan ke aku wan. Sebelumnya nggak ada yang pernah ngajak aku buat naik gunung. Awalnya pikir-pikir juga wan buat ambil ajakan tersebut, karena rasa penasaran yang kuat, aku terimalah ajakan itu. Untuk peralatan naik gunung juga aku masih kebingungan wan, maklum lah baru pertama kali naik, tapi semua itu dapat terselesaikan dengan adanya mbah google. Dalam perjalanan menuju puncak merapi, aku wanita sendiri diantara 7 pria wan. Bukannya sok ga butuh teman sejenis dalam perjalanan wan, sebenarnya ada 2 wanita lain yang ikut, tapi pas hari mau berangkat malah nggak jadi ikut wan. heeemmmmm, tapi gakpapa wan, aku masih punya banyak modal nekat didalam diri ini, yaaaeellaahh.

           Okee, perjalanan di mulai menggunakan sepeda motor dari semarang ke boyolali. Kami naiknya via SELO wan. Jam 3 sore sampai di tempat pendaftaran, naiknya jam 4 sore. Kami ada berdelapan wan, enam anak semarang, dua mas-mas dari klaten yang nunjukin jalan. Nah perjalanan kami mulai dari tempat pendaftaran ya wan. Kamu tau gak wan, baru naik jalan aspal beberapa ratus meter aja nih, aku sudah nggak kuat. Bukan kakinya yang nggak kuat, tapi punggung yang bawa tas ini lho wan berat, belum bisa ngatur nafas juga. Baru kali ini jantung ku berdetak paling cepat wan, kerasa kaya lagi di D.O kampus detaknya nggak karuan, hedeehh. Yap, lanjut ya, setelah berjalan sekitar 1 KM kayanya lho, aku sudah ngeluh parah wan T_T. Mau turun terus pikirannya, padahal  ibarat tubuh manusia nih wan, aku baru sampai jempol kaki doang, belum naik ke kakinya #hheeeuuu. Tapi untungnya mas satunya itu baik banget wan, dia yang bawain sementara tas ku. Mungkin biar aku pemanasan naik tanpa bawa tas dulu kali ya wan, nanti kalau sudah merasa kuat, baru aku yang bawa tas sendiri. Padahal dia bawa tas carrier 60 liter ditambah tas ku wan, nggak tau dah berapa beban yang masnya bawa buat naik. Ditambah waktu perjalanan naik ke gunung merapi kami basah-basahan wan, pasti kamu mikirnya gara-gara keringat ya?, bukan hanya keringat wan, tapi juga bercampur air mata langit yang gelap. Jas hujan aku aja sampai belah dua wan, sudah nggak ada bentuknya, di jual pun nggak mungkin laku.  Ahhh, jas hujan nggak penting untuk dibahas ya wan, yang dibahas itu seharusnya si mas satu yang tangguh itu lho, hohoho. Ada yang bilang juga wan, kalau membawa wanita buat naik gunung itu adalah beban yang paling berat jika lagi naik gunung wan, #yyeeeaaauuuhh -_-.  Ya emang sih, sadar diri juga aku wan O_O. Lanjut lagi ya wan, ditengah perjalanan akhirnya aku bisa bawa tas sendiri wan, karena sudah pemanasan juga. Nah, sekitar jam 10 malam akhirnya sampai juga di “pasar bubrah merapi” wan. Kami bangun tenda disana, nanti jam 4 pagi baru naik kepuncaknya wan. Di merapi ternyata dingin bener wan, apa lagi habis basah-basahan kan #hhuuuhhh brrrrrr, aku yang suka dingin aja sampai menggigil nggak karuan. Hati-hati aja bagi yang nggak suka dingin, nanti bisa hipotermia jadi brabe dah urusannya. Oh ya gan, masalah tenda juga perlu di perhatikan ya, nanti kaya tim aku lagi, tendanya buat 4-5 orang malah di isi 6 orang, dampaknya tidur dalam posisi ikan pindang semua tuh.

           Nah, pagi sudah menjelang tuh wan, alarm hp pada bunyi semua, tapi nggak ada satu pun yang bangun wan, mungkin kami lelah wan. Terus kami di bangunin sama mas-masnya dari luar, itu pun cuman matanya yang terbuka, tapi badannya masih dalam posisi ikan pindang tidur berjejer agak miring biar muat semua, #hedeehh.  Dua orang mas itu sudah siap wan, lha kami berenam masih perlu motivasi semangat buat naik kepuncak wan. Awalnya semua nggak mau pada naik ke puncak merapi wan, gara-gara kecapean kali ya, maklum lah wan aku pemulaaaa. Tapi masnya bilang “rugi kalau kemerapi cuman sampai disini (pasar bubrah), nanti menyesal”. Nah lho, semuanya langsung pada mikir tuh wan. Satu jam kemudian setelah di beri motivasi baru semuanya mau naik kepuncak merapi wan, cuman satu orang yang nggak mau ke puncak, alasannya ada ada aja lah. Tapi nggak papa juga, lumayan ada yang jagain tenda, hoho. Tuh kan, rencana naik jam 4 malah molor jadi jam 5 wan, haha. Jaraknya dari pasar bubrah ke puncak terlihat dekat wan, pas di coba, seeeetttdddaahh, 2 jam aku baru sampai puncak wan. Naik 5 langkah, turun 3 langkah dan begitu seterusnya sampai saya lelah. Akhirnya dengan penuh perjuangan, aku sampai puncak juga wan. Ngeri juga ternyata wan, sampai puncak cuman duduk, nggak berani kemana-mana wan, apa lagi ke puncak garuda itu, liat aja sudah ngilu, aku juga masih belum nikah wan, masih sayang nyawa hehe.

            Setelah beberapa jam berada di puncak, kami turun lagi wan, turunnya juga pake teknik, itu sepatu isinya sudah pasir semua wan. Kalau mau tau tekniknya, kamu coba aja deh wan, hehe. Ketika turun, aku selalu bilang gini wan “aku nggak mau naik gunung lagi, nggak pokoknya, ini yang terakhir, mending aku touring keliling kota.” Banyak saksinya lho wan waktu aku ngomong gitu, heeuu. Dan mas yang satunya nyahut omongan ku wan, dia bilang “nggak mungkin, kamu pasti nanti ketagihan”. Tapi ternyata eh ternyata, syalalalala. Aku mendaki gunung ke dua yaitu gunung ciremai wan. Nanti aku ceritain pengalaman ku selanjutnya di gunung ciremai ya, ceileehh, sabar napa wan :D.

         Lanjut ke gunung merapi wan, kami turun dari pasar bubrah jam 12 siang wan, sampai ke bawah sampai jam 7 malam wan sambil santai juga itu. Ternyata turunnya itu lebih sulit daripada naik ya wan. Kaki aku sampai gemetar nggak karuan -_- jalannya lelet banget wan, sampai terpeleset beberapa kali, hedeeehh. Untung ada mas yang kedua yang mau nunggu di belakang aku, Alhamdulillah didunia ini masih banyak orang-orang baik ya wan, hehe. Waktu pulang menuju semarang juga kami di temani dengan air mata langit yang gelap wan. Iya lah gelap, kan malam. Di boyolali kami nunggu hujan berhenti sambil makan nasi goreng di boyolali wan.  

           Oh ya wan, aku punya cerita yang sudah biasa terjadi di kehidupan ku wan. Gini nih ceritanya, waktu itu kan aku lagi di atas motor, pake helm, pake masker, pake jaket, pake celana pendek (bukan celana pendek cabe-cabean lho wan, tapi celana olahraga). Nah ada anak kecil yang dengan santai dan pede ngomong ke aku, ini dialognya wan.
Bocah    : mas-mas carikan aku bojo mas, ku bosan sendiri terus mas.
Aku        : (berdiam diri, tanpa bicara)
Bocah    : ayo lah mas carikan mas.
Aku        : dek, aku cewe !!
Bocah    : wah maaf, maaf mbak, kirain cowo mbak.
Aku        : iya iya
Bocah    : #DiamTanpaKata
Aku        : (tertawa jahat, akhirnya bisa diam juga tu bocah, masa minta carikan bojo sama orang              jomblo tak realistis).
              
           Dialog diatas sudah sering aku terima wan. Banyak yang manggil aku mas, mulai dari pegawai pom bensin, penjual bensin eceran, tukang parker. Hassyyaah.  Sabaarrrr.  Oh ya wan, aku sampai semarang jam 11 malam. Padahal aku mengemudi sepeda motor sudah sambil merem matanya, untung masih diberikan keselamatannya ya, hehe. Setelah sampai semarang, kaki ku sakit selama seminggu wan, hadduuhh, sampai nggak masuk kuliah wan, muehehe.

          Sekian dulu cerita dari aku ya wan, kalau nggak ngerti dengan tulisannya bisa tanya aja wan, ceiilleehh tanya, ini presentasi apa cerita, #ngeeekk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Jatuh Cinta dengan Iringan Tangis

Sepenggal Kata #Part1